Jumat, 05 Juli 2019

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Tanpa Modal


cara bisnis online tanpa modal

Salah satu kendala seseorang untuk memulai bisnis adalah modal. Banyak yang tidak beranjak memulai bisnis lantaran merasa tak punya modal. Sehingga keinginannya menjadi pengusaha hanya menjadi angan-angan saja.

Benarkah kita bisa bisnis walau tidak ada modal? Jawabannya adalah  bisa! Apalagi di era jaman sekarang.  Internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan yang sangat membantu. Di era  internet ini , begitu mudahnya untuk memulai dan memiliki bisnis tanpa modal.

Banyak yang tidak percaya kalau dengan internet kita bisa mulai bisnis tanpa modal. Untuk itu kali ini akan kami berikan cara  memulai bisnis Online tanpa modal yang dimaksud. Diantaranya:


1.  Manfaatkan warnet.



Kalau memang kita benar-benar tidak punya uang untuk beli laptop atau komputer, datanglah ke warnet untuk memulai bisnis online kita. Dan jika untuk membayar warnetpun  tidak punya uang, kurangi jatah makan kita dan  sisihkan untuk membayar jasa warnet. Terdengar agak ekstrim memang, tapi itu pernah ada yang mempraktekannya.


2. Cari produk



Untuk menemukan produk atau jasa yang bisa dijual tanpa mengeluarkan uang caranya sangat mudah.
 Yaitu dengan membuka mata kita dan berjalanlah keluar. Lihatlah tetangga, kanan-kiri, tanyakan teman atau saudara barngkali punya produk atau jasa  yang bisa dijualkan. 
Biasanyan di kampung-kampung banyak industri rumahan, orang jual rumah, penjual jasa, dll. Yang bisa kita bantu jual dengan mengambil keuntungan atau komisi penjualan.
Sedangkan untuk mendapatkan produk tanpa modal dari internet dengan berjualan sistem affiliate. Anda akan mendapatkan komisi dari sistem  affiliate. 
Banyak ecommerce yang menyediakan program affiliate. Seperti lazada, agoda, ratakan(produk digital), dll. Kita hanya mempromosikan produk mereka dengan link yang kita share, kalau ada pembeli melalui link yang kita share, komisi akan otomatis mengalir ke rekening kita.


3. Buat blog gratisan



Masih banyak yang belum paham bahwa blog gratisanpun bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Selain untuk mencari uang lewat adsense (iklan). 
Blog gratisan bia dijadikan sarana menjual produk atau mempromosikan produk kita secara dahsyat.
Meskipun gratisan, dengan keahlian mensettingnya, blog akan kelihatan profesional sama seperti web yang berbayar.
Disini kita bisa menampilkan produk atau jasa   tanpa mengeluarkan beaya.
Blog yang kami rekomendasikan adalah blogger karena merupakan produk dari google yang otomatis akan familiar dengan mesin pencarian  google sendiri.


4. Manfaatkan  ilmu SEO



Setelah membuat blog jualan gratisan. Optimasi blog jualan yang sudah kita buat agar banyak yang mengunjungi . Kita bisa menggunakan ilmu  SEO. SEO (Search Engine Optimization)  diperlukan agar blog muncul di halaman pertama mesin pencarian agar banyak yang melihat blog dan barang jualan kita.


5. Bikin video promosi



Membuat vidoe promosi tidak sulit hanya membutuhkan kamera dan editingnya sangat mudah. Dengan kamera HP pun sudah cukup. 
Sedangkan untuk editing video kita bisa menggunakan kinemaster, power editor,dll. Yang tersedia gratis di playstore. Untuk komputer kita bisa gunakan windows movie maker yang mudah digunakan untuk pemula.


6. Buat banner promosi



Membuat  banner atau gambar-gambar promosi dengan menggunakan aplikasi canva baik di Hp maupun komputer yang nantinya sebagai alat dan bahan promosi



7. Manfaatkan media sosial



Bagiakan materi promosi yang sudah kita buat, berupa video dan gambar ke blog dan semua media sosial kita. 
Media sosial sangat penting saat ini. karena penggunanya juga sangat besar. Silahkan share di semua saluran media sosial, youtube, instagram, facebook, dll.


8. Maksimalkan marketplace



Banyak marketplace yang masih gratis. Jika yang kita jual adalah produk kebutuhan sehari-hari kita bisa jual di marketplace tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dll. 
Namun untuk produk properti ada marketplace tersendiri misal rumahdijual.com, lamudi, dll. 

Cara diatas adalah beberapa cara gratisan yang jika pemanfaatannya maksimal bisa membantu kita untuk memulai bisnis online tanpa modal dan menghasilkan sebagai langkah awal memulai bisnis menuju tahap berikutnya. (samtoni)


Share:

0 comments:

Posting Komentar