Rabu, 03 Juli 2019

Cara Memulai Bisnis Online Yang Tepat

Cara Memulai Bisnis Online Yang Tepat

cara bisnis online


Koranmuslim.com - Bisnis online kian hari makin diminati. Masyarakat sudah sadar akan pergeseran dunia saat ini. Pergeseran dari dunia nyata ke dunia maya atau internet.

Tak bisa dipungkiri pula dengan dunia bisnis saat ini, mau tidak mau harus mengikuti perubahan.  Menuju era  dunia bisnis digital atau bisnis online. 
Banyak perusahaan yang dulu berjaya dan diera digital ini  harus ambruk lantaran tak mampu bersaing karena tidak mengikuti  perkembangan internet. 
Namun banyak pula usaha yang bermula dari rumahan dengan sekala kecil  tetapi mampu sukses lantaran internet.

Semua ini tak mengherankan, lantaran pengguna internet saat ini semakin meningkat. Menurut data Asosiasi Jasa Pengguna Internet Indonesia (APJII) pengguna internet indonesia sudah mencapai 171,17 juta jiwa atau sekitar 64, 8 persen jumlah penduduk indonesia. jumlah yang sangat besar dan tentunya jumlah itu akan terus meningkat tiap tahunnya.
Karena jumlah yang sangat besar inilah, bisnis online makin hari makin meningkat.

Meskipun demikian, untuk menjadi seorang pebisnis online yang sukses tentunya harus mempersiapkan secara baik dan tepat. Agar dapat bersaing dan mampu melejitkan bisnisnya dengan cepat dan profitable.

Ada beberapa langkah untuk memulai bisnis online agar berhasil, diantaranya:


1. Luruskan mindset tentang bisnis online



Banyak pebisnis pemula  yang memulai bisnis online dengan mindset yang tidak tepat. Mereka menganggap bisnis online adalah mudah dan bisa cepat menghasilkan banyak uang.Namun begitu dijalankan ternyata langsung ambruk atau tanpa hasil. Hal ini karena kesalahan mindset diawal berproses.

Untuk itu, diperlukan mindset yang benar saat memulai bisnis online. Yaitu keyakinan yang kuat, kerja keras, fokus, ketekunan, dan, kesungguhan, serta kesabaran. Karena bisnis online tidak ada yang instan, cepat, dan mudah. Dan  yang membuat gagal lainya  adalah pengetahuan tentang bisnis online yang hanya sepotong-sepotong atau tidak lengkap. 


3. Tentukan produk yang hendak di jual



Menentukan produk adalah hal yang sangat penting, karena produk yang cepat laku atau banyak dicari orang , akan  lebih mudah    pemasarannya. Untuk menentukan produk apa yang laku atau di cari orang bisa  dilakukan dengan survey. Survey bisa dilakukan dengan tools yang tersedia. Baik riset dengan google, fb, instagram, dll. Namun jika memang kita sudah mempunyai produk sendiri kita tinggal melakukan langkah berikutnya untuk mempromosikannya.


2. Pahami media dan alat promosi



Setelah menenetukan produk kita harus memahami media apa yang akan kita gunakan dan alat promosi apa yang akan kita gunakan untuk memulai bisnis online.Sebagai seorang pebisnis online hendaknya tahu semua alat dan media promosi yang ada.
Media promosi bisa dengan web , video, dll. sedangkan alat promosi banyak sekali dan itu termasuk yang harus kita pelajari dan pahami. SEO, google ads, fb ads, Instagram,youtube, dll.


3. Pelajari dari yang paling mudah, murah, dan cepat



Setelah tahu jenis-jenis media dan alat promosi, mulailah untuk mempelajari. Pelajarilah dari hal yang palin mudah, murah, dan, paling cepat menghasilkan uang. Kenapa? Karena  kalau kita langsung pelajari semua akan terasa berat. Berat untuk mengaplikasikannya, waktunya,  dan, juga  biayanya. Mengingat waktu, tenaga, bahkan biaya yang diperlukan tidak sedikit. Agar lebih efektif dan eisien.

5. Praktek dan praktek


Setelah mempelajari alat dan media promosi, segera praktekan. Lakukan secara rutin, secara terus menerus dengan jumlah waktu yang lebih banyak.


6. Kembangkan dan perluas ilmu



Setelah menguasai beberapa media dan alat promosi, kembangkan dan kuasai media dan alat yang lain. Karena semua alat promosi dan media akan bermanfaat dan saling ada keterkaitan dan pengaruh satu dengan yang lainnya.


7.  Sabar



Untuk mendapatkan hasil dari bisnis online diperlukan kesabaran, karena semua tidak ada yang instan dan cepat. Tanpa kesabaran, kita akan berhenti sebelum mendapatkan hasil, alias gagal.

Beberapa langkah itu perlu di ketahui sebelum kita terjun ke dalam bisnis online agar kita benar-benar siap dan mampu meraih kesuksesan berbisnis online. (sam)

Share:

0 comments:

Posting Komentar